Jenis Narative Text dalam Bahasa Inggris Terbaik

185 views

Jenis Narative Text dalam Bahasa Inggris – Dalam setiap kehidupan tentunya banyak cerita (story) yang bermunculan, baik itu cerita nyata (non fiktif) maupun tidak nyata (fiktif). Nyata dan tidak nyata-nya sebuah cerita akhirnya membuat sebagian orang berfikiran untuk menuangkannya ke dalam sebuah paragraf yang berisi tulisan-tulisan yang menjelaskan runtutan cerita menjadi narrative text.

Adapun tujuan dari menuliskannya kedalam bentuk paragraf adalah agar orang lain juga dapat ikut merasakan ataupun terhibur dari apa yang diceritakan dalam bentuk tulisan oleh penulis cerita. text inisering sekali muncul dalam test test seperti Ujian Nasional, UNBK bahkan test TOEFL yang bisa bikin pusing kalian. untuk itu kita perlu waspada ya dengan text ini. Hehe

Adapun dengan demikian, apakah teman-teman tahu teks cerita itu termasuk kedalam jenis apa? Yak, benar sekali, Narrative Text. Narrative Text adalah cerita dalam bentuk tulisan baik dalam bentuk fiktif maupun nonfiktif. Misal, cerita legenda (fiktif) tentang Danau Toba, Malin Kundang, dan bahkan cerita dongeng yang sempat viral karena diangkat kelayar lebar akhir-akhir ini yaitu Aladdin dan contoh dari narrative text bentuk non-fiktif seperti novel, biografi, dan puisi.

Namun dari penjelasan diatas, pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan beberapa jenis narrative text dalam Bahasa Inggris. Apa saja jenisnya? oke, langsung saja kita simak dibawah ini ya gaes 🙂

Google Image – Jenis Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Jenis Narative Text dalam Bahasa Inggris

 

1.Folklore/ Folktale

Folklore atau cerita rakyat adalah jenis cerita rakyat yang ada karena kepercayaan yang telah lama timbul di masyarakat. Cerita rakyat ini berasal dari para nenek moyang dan disampaikan dari mulut ke mulut hingga tetap terus diceritakan hingga kini.

 

2. Legend

Legend atau legenda adalah cerita yang sudah lama tersebar luas di masyarakat dan diyakini sebagai sebuah sejarah atau dipercaya sebagai hal yang benar terjadi di masa lalu. Pada jenis narrative text ini biasanya disebabkan karena adanya bukti peninggalan yang masih tersisa. Jika kita perhatikan, ternyata ada kemiripan antara jenis cerita Legend dengan Folklore ya, dan ternyata memang ada yang meyakini bahwa keduanya merupakan satu jenis cerita dimana folklore merupakan iduk nya.

 

3. Myth

Myth atau mitos adalah jenis narrative yang berhubungan dengan hal gaib, menceritakan asal usul suatu kebudayaan. Jenis narrative text ini biasanya dihubungkan dengan makhluk gaib seperti dewa dan sebagainya. Myth atau mitos dianggap sebagai satu jenis narrative text yang memiliki nilai yang berhubungan dengan agama dan kepercayaan dari suatu masyarakat. Masih sama seperti yang di atas, cerita yang digolongkan kedalam mitos atau myth ini juga dianggap sebagai bagian dari folklore.

 

4. Fable (Fabel)

Fable atau fabel adalah jenis narrative text atau cerita yang menggunakan tokoh hewan di dalamnya. Selama ini mungkin kita mengenalnya sebagai cerita hewan yang bisa berbicara dan berpikir layaknya manusia. Jika kita perhatikan, biasanya cerita-cerita seperti ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar saja ya sobat, namun biasanya ada nilai moral yang ingin disampaikan, seperti misalnya sikap tolong menolong atau nilai kebaikan lainnya. Dengan begini kita juga bisa menyimpulkan bahwa tujuan sebuah narrative text bukan hanya untuk menghibur saja.

 

5. Short Story

Short Story atau cerita pendek adalah jenis narrative text atau cerita yang bersifat fiktif atau hanya merupakan khayalan. Short Story ini berasal dari hasil imajinasi seseorang, maka siapapun dapat membuat cerita dalam bentuk short story ini, tidak heran jika ini merupakan bentuk narrative text yang paling banyak dan paling mudah untuk kita temukan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tipenya seperti Fairy tale, Mystery, Science fiction, Romance, Horror, Fable, Myth and legend, History, Slice of life, Personal experience dan lain sebagainya.

 

Ciri ciri Narrative Text:

Adapun beberapaa ciri dari narrative texts sebagai berikut:

  1. Menggunakan Action Verb (Kata Kerja aksi) dalam bentuk Past Tenses.
  2. Menggunakan Noun (Kata benda) tertentu untuk sebagai kata ganti orang.
  3. Menggunakan Adjective (Kata sifat) yang membentuk Noun Phrase.
  4. Menggunakan Conjunction ((kata hubung) untuk mengurutkan kejadian-kejadian.

 

Components of Narrative Texts:

Narrative text merupakan text dalam Bahasa Inggris yang berguna untuk menceritakan suatu cerita yang mempunyai rangkaian peristiwa kronologis (berurutan) yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Tujuan dari teks ini adalah untuk menghibur pembaca (entertain the reader) tentang suatu kisah atau cerita.

Struktur Narrative Text

Struktur dari narrative text berfokus pada serangkaian tahapan yang diusulkan untuk membangun sebuah teks ini sendiri. Secara umum, terdapat empat tahapan dalam Narrative text, yaitu:

Orientation

Orientation atau biasa disebut dengan pendahuluan, berisi tentang siapa, kapan, di mana suatu cerita ditetapkan.

Complication

Complication menceritakan awal masalah yang menyebabkan puncak masalah atau yang biasa disebut dengan klimaks. Bagian ini biasanya melibatkan karakter utama dari cerita tersebut.

Resolution

Bagian ini adalah akhir dari cerita atau berupa solusi dari masalah yang terjadi. Masalah dapat diselesaikan dapat menjadi lebih baik atau malah lebih buruk yang nantinya akan membuat cerita berakhir dengan bahagia atau sebaliknya. Terkadang, ada beberapa resolusi yang berupa masalah lain untuk dipecahkan. Hal ini sengaja dibuat oleh penulis untuk menambah dan mempertahankan minat dan ketegangan bagi pembacanya. Biasanya, jenis resolusi ini terdapat pada genre mysteries dan horror.

Re-orientation

Bagian adalah penutup dari suatu cerita yang bersifat opsional. Re-orientation bisa berisi tentang pelajaran moral, saran atau pengajaran dari penulis.

 

Jenis Narrative Text dalam Bahasa Inggris – Demikianlah, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa terus kunjungi www.bijakberbahasainggris.com dan temukan artikel menarik lainnya mengenai macam text lainnya, kata bijak hidup, cinta, romatis, dan masih banyak lagi. Oke, terimakasih dan sampai jumpa 🙂

bahasa inggris narrative text pengertian

Penulis: 
    author
    Laila Najah merupakan lulusan terbaik S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Salah satu Kampus Ternama di Indonesia. Penikmat dan Pecinta Bahasa serta tertarik untuk mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam.

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan