Jenis Recount Text dalam Bahasa Inggris

59 views

Jenis Recount Text dalam Bahasa Inggris – Seperti yang kita tahu bahwa jenis text ada beberapa macam didalamnya, nahh setelah kemarin kita sudah membahas mengenai jenis narrative text, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai recount text dalam Bahasa Inggris tentunya ya.

Oke, sebelum kita masuk kepembahasan lebih dalam mengenai jenisnya, apakah teman-teman tahu apa itu recount text? recount text dalam Kamus Bahasa Inggris yaitu “Menceritakan”, lalu Recount Text berarti “Text yang menceritakan“.

Recount text is a text that telling somthing to the reader about one story, action or activity. “Recount text adalah teks yang menceritakan sesuatu kepada pembaca tentang suatu cerita di masa lalu.”

Dari pemaparan penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Recount Text adalah text yang menceritakan suatu kejadian ataupun pengalaman yang sudah terjadi dimasa lalu, seperti kerjadian atau pengalaman Anda berlibur ataupun hal lainnya yang tidak terlupakan hingga sekarang. Pada jenis text ini memang jika kita lihat sekilas seperti narrative text, namun berbeda ya teman jika pada jenis narrative text terdapat complication dan conflict (masalah), sedangkan pada recount text tidak. Adapun tujuan dari recount text adalah untuk menghibur (entertain) dan menginformasikan (inform) para pembaca.

Jenis Recount Text dalam Bahasa Inggris

Jenis Recount Text dalam Bahasa Inggris

Oke guys, pasti kalian penasan bukan apa saja jenis recount text dalam Bahasa Inggris?. Nahh, langsung saja yuk kita simak pemaparannya di bawah ini 🙂

Tipe Tipe Teks Recount dalam Pelajaran Bahasa Inggris

1.Personal Recount

Personal recount adalah text yang menceritakan tentang pengalaman pribadi seseorang. Dalam hal ini, teks yang diceritakan seperti liburan akhir tahir tahun, pengalaman saat duduk di bangku SMA, dan bahkan pengalaman KKN seperti KKN DI DESA PENARI yang sempat membuat heboh didunia maya.

Jenis personal recount ini adalah salah satu jenis recount text pilihan yang seringkali dipilih oleh sebagian penulis, karena apa? karena memang dalam menulis jenis text seperti ini sangatlah mudah. Mereka hanya cukup memindahkan/ menuangkan saja dari ingatan mereka kedalam coretan dibuku.

Adapun tujuan dari personal recount adalah untuk menghibur (entertain) atau menginformasikan (inform) dari penulis ke pembaca. Selain dibukukan, jenis personal recount ini juga sudah banyak yang difilmkan, seperti film Habibie dan Ainun, Dillan 1990, dan masih banyak lagi.

2. Factual Recount

Factual recount adalah text yang menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian. Dalam jenis text recount ini sering digunakan dalam penulisan berita, baik berita online maupun berita non-online seperti koran dan sejenisnya.

Adapun tujuan dari factual recount ini adalah untuk menyampaikan sebuah informasi berupa peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi kepada pembaca diseluruh belahan dunia. Selain itu juga dapat memudahkan pembaca mengetahui informasi secara detail tanpa harus melihat peristiwanya secara langsung.

3. Imaginative Recount

Imaginative adalah jenis recount text yang menyajikan sebuah cerita imaginatif. Imaginative text menceritakan kejadian yang tidak benar-benar terjadi. Seperti text yang bercerita tentang kegiatan sehari-hari yang dialami oleh seorang putri yang tentunya hanya berupa tokoh khayalan yang tidak benar-benar ada.

Demikianlah, semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin membuat karya tulisan berdasarkan dari pengalaman kalian masing-masing. Jangan lupa untuk terus kunjungi www.bijakberbahasainggris.com dan temukan artikel menarik lainnya. Terima kasih and sampai jumpa 🙂

fungsi recount text kumpulan recount text social function recount text

Penulis: 
    author
    Laila Najah merupakan lulusan terbaik S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Salah satu Kampus Ternama di Indonesia. Penikmat dan Pecinta Bahasa serta tertarik untuk mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam.

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan